Sukamantri, Kec. Tamansari, Kab. Bogor 16610
0251 8487 512
donasitahfidz.alhuda@gmail.com

Apa Benar Pada Bulan Ramadhan Setan dibelenggu?

Sedekah untuk calon Hafidz Qur'an

Apa Benar Pada Bulan Ramadhan Setan dibelenggu?

Ilustrasi setan yang dibelenggu di bulan ramadhan

Hadits Nabi Sholallohu’alaihi wa sallam tentang dibelenggunya syetan-syetan dibulan ramadhan:

Dari Abu Hurairah Radhiallohu’anhu bahwasanya Rasululloh Sholallohu’alaihi wa sallam bersabda: “Apabila bulan Ramadhan datang, maka dibukalah pintu surga, dikuncilah pintu-pintu neraka dan dibelenggulah syaitan-syetan.” (Muttafaq ‘alaih)

Pengesahan Hadits

Hadits ini diriwayatkan oleh al-Bukhari (IV/112 – Fathul Bari) dan Muslim (1079)

Benarkah Setan dibelenggu di bulan Raamadhan? berikut penjelasan hadits di atas:

Kandungan Hadits

  1. Di bulan ramadhan pintu-pintu Surga dibuka. Di dalam suatu riwayat disebutkan pintu-pintu rahmat, sementara dalam riwayat lain disebut pintu-pintu langit. Semua riwayat ini tidak mengandung pertentangan antara yang satu dengan yang lainnya. Maka, yang dimaksudkan dengan pintu-pintu langit dibuka ialah agar amal sholeh dan kalimat-kalimat thayyibah (La Ilaaha illalloh) yang melimpah itu naik, sedangkan yang dimaksud dengan pintu-pintu rahmat ialah agar rahmat itu turun kepada umat sehingga dengan rahmat itulah mereka masuk surga. Sebab, hamba Alloh dapat masuk surga hanya dengan rahmat Alloh, bukan dengan amal mereka. Dengan amal mereka hanya mempunyai hak waris untuk mendapatkan Surga.
  2. Pada bulan Ramadhan pintu-pintu Jahannam dikunci karena pada waktu itu kejelekan dan kemaksiatan sedikit. Sebab, para hamba dengan tekun bertaubat dan merindukan surga.
  3. Pada bulan Ramadhan di muka bumi ini sedikit sekali kejelekan. Sebab, syaitan-syaitan dibelenggu, juga jin-jin durhaka dirantai dan diikat. Maka dari itu, mereka tidak dapat bebas membuat kerusakan di tengah-tengah umat manusia, sebagaimana mereka lepas begitu saja pada bulan selain bulan Ramadhan. Hal ini karena umat Islam sibuk dengan ibadah puasa, qiyamul lail, dan membaca Al-Qur’an. Selain itu, syahwat mereka dikekang dan jiwa mereka ditempa sehingga menjadi bersih.
  4. Pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu Neraka dikunci, dan jin-jin durhaka dibelenggu. Semua itu dimulai sejak malam pertama bulan Ramadhan, sebagaimana diterangkan dalam Sabda nabi Sholallohu’alaihi wa sallam.

“Jika telah tiba malam pertama bulan Ramadhan, maka Syaitan-syaitan dan jin-jin durhaka dibelenggu; dikuncilah pintu-pintu Neraka, tidak ada satu pintupun yang dibuka; dibuka pintu-pintu surga, tidak ada satu pintu pun yang dikunci. Kemudian, ada yang berseru; ‘Wahai pemburu kebaikan, kemarilah! Wahai pemburu kejahatan, berhentilah!’ Alloh pun membebaskan banyak orang dari neraka. itu terjadi setiap malam.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah). Hadits ini hasan

Tulisan ini dikutip dari buku terjemah Syarah kitab Riyadhusholihin karya Syaikh Salim bin ‘Ied al-Hilali

banyak sedekah dibulan ramadhan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konfirmasi Via Whatsapp

Pertanyaan terkait Donasi, Silahkan gunakan chat Whatsapp ini..!

Team Support

Info & Konfirmasi

Online

Info & KonfirmasiJangan sungkan untuk bertanya.

Assalamu'alaikum, ada yang bisa saya bantu? 00.00