Sukamantri, Kec. Tamansari, Kab. Bogor 16610
0251 8487 512
donasitahfidz.alhuda@gmail.com

Tuntunan Ibadah Kurban

Sedekah untuk calon Hafidz Qur'an

Tuntunan Ibadah Kurban

tuntunan ibadah kurban

Ibadah kurban merupakan salah satu syiar dari syiar-syiar Islam warisan Nabi Ibrohim  yang Alloh  syariatkan bagi umat Nabi Muhammad . Ibadah kurban adalah ibadah yang ada hubungannya dengan masalah harta, oleh karena itu kurban hanya disyariatkan kepada mereka yang memiliki kemampuan untuk menu-naikannya saja. Kurban mempunyai kedudukan yang agung dalam agama Islam, dengannya seorang hamba dapat mendekatkan diri kepada Alloh .

Hukum berkurban menurut pendapat yang benar adalah wajib berdasarkan firman Alloh  dalam surat al Kautsar ayat 2 yang artinya: “Maka dirikanlah sholat untuk Robbmu dan sembelihlah hewan kurban.”

Juga firman Alloh  dalam surat al-An’am ayat 162-163: Katakanlah: sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Alloh, Robb semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Alloh).”

Perlu diketahui, yang ingin dicapai dari ibadah kurban adalah keikhlasan dan ketakwaan, bukan daging atau darahnya. Alloh  berfirman:

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhoan) Alloh, tetapi ketakwaan dari kalianlah yang dapat mencapainya.” (QS. al-Hajj [22]: 37)

Yang dimaksudkan hanyalah menyembelih saja dan yang Alloh  harap bukanlah daging dan darah kurban tersebut karena Alloh  ti-daklah butuh pada segala sesuatu dan Dialah yang pantas diagung-agungkan tang Alloh  harapkan dari kur-ban tersebut adalah keikhlasan, ihtisab (se-lalu mengharap-harap pahala dari-Nya) dan niat yang sholih. Oleh karena itu, Alloh  katakan (yang artinya), “ketakwaan dari kalianlah yang dapat mencapai ridho-Nya.” Inilah yang seharusnya menjadi motivasi ketika seseorang berkurban yaitu ikhlas, bu-kan riya’ atau berbangga dengan harta yang dimiliki, dan bukan pula menjalankannya karena sudah jadi rutinitas tahunan.

BINATANG YANG BOLEH DIKURBANKAN

  1. Jenis hewan yang boleh dikurbankan adalah unta, sapi, kambing dan kerbau.
  2. Unta yang boleh dijadikan kurban adalah yang berumur 5 tahun masuk tahun ke 6, untuk sapi dan kerbau yaitu ketika berumur 2 tahun masuk tahun ke 3, ada-pun kambing terbagi menjadi dua; kambing jawa dan domba, untuk kambing jawa, maka yang berumur 2 tahun masuk ke 3, dan untuk domba yang berumur 1 tahun masuk ke 2.
  3. Hewan yang akan dijadikan kurban tidak boleh cacat.

Jika tidak ada hewan jantan yang akan dijadikan kurban, maka yang betina pun tidak mengapa sebagaimana sabda Rosu-lulloh : “…Tidak apa-apa bagi kalian yang jantan atau betina.” (HR. Abu Dawud, at Tirmidzi dan an-Nasai; dishohih-kan al-Albani)

WAKTU BERKURBAN

Pelaksanaan menyembelih hewan kurban dimulai setelah sholat ‘Idul Adha dan ber-akhir pada hari ketiga di hari Tasyrik atau tepatnya tanggal 13 Dzulhijjah. Jika ber-kurban sebelum itu, maka wajib diulangi kurbannya atau sesudah waktu yang dise-butkan di atas maka kurbannya batal dan tidak ada nilai kurbannya.

Rosululloh  bersabda: “Amalan yang kita lakukan pada hari ini yaitu sholat kemudian pulang lalu menyembelih hewan kurban. Barang-siapa yang melakukan hal itu, maka ia telah sesuai dengan sunnah kami. Dan barangsiapa yang menyembelih hewan kurbannya, maka itu hanyalah daging yang dihidangkan untuk ke-luarganya, tidak termasuk dari ibadah kurban sama sekali.” (HR. al-Bu-khori)

ADAB-ADAB MENYEMBELIH HEWAN KURBAN

  1. Membaca basmalah.
  2. Dilakukan oleh orang muslim atau jika tidak ada ahli kitab dan berakal.
  3. Menggunakan senjata tajam seperti pisau, golok, pedang, arit dan semisalnya. Di-larang menyembelih dengan kuku, gigi, kayu, tulang sekalipun tajam.
  4. Menajamkan senjata atau alat yang akan digunakan untuk menyembelih.
  5. Harus memutus urat tebal yang ada di sekitar leher.
  6. Tidak memperlihatkan alat sembelihan kepada hewan yang akan disembelih.
  7. Tidak memperlihatkan hewan yang sedang disembelih kepada hewan lain yang akan disembelih.
  8. Menghadap ke arah kiblat.

BEBERAPA HAL YANG BERKAITAN DENGAN KURBAN

  1. Satu keluarga yang terdiri dari beberapa jiwa boleh berkurban dengan satu kambing sebagaimana dibolehkannya berkurban satu ekor sapi atau unta yang dibagi atas tujuh jiwa.
  2. Tidak boleh menjual bagian apapun dari hewan kurban, baik itu daging, kulit atau
  3. Upah untuk jagal tidak boleh diambil dari hewan kurban. Namun, upah tukang jagal diambil dari pemilik kurban.
  4. Disunnahkan untuk menggemukkan he-wan yang akan disembelih.

HIKMAH BERKURBAN

  1. Sebagai bentuk ibadah untuk mendekatkan diri kepada Alloh .
  2. Sebagai bentuk rasa syukur atas segala nikmat yang telah Alloh anugerahk
  3. Sebagai aplikasi pelaksanaan sunnah yang pernah Nabi Ibrohim laksanakan dan Rosululloh
  4. Sebagai bukti peduli terhadap fakir miskin, karena dengan menyembelih hewan kurban berarti ia telah membantu memberi makan kepada mereka.
  5. Sebagai bahan renungan dan pelajaran bagaimana sabarnya Nabi Ibrohim dalam melaksanakan perintah Alloh  dengan menyembelih anak kesayangan-nya sendiri.

Terakhir, marilah kita semua berlomba untuk mengamalkan syiar Islam yang sudah mulai ditinggalkan ini, kita berharap kepada Alloh  dengan mengamalkan ibadah kur-ban dapat digolongkan menjadi orang-orang yang bertakwa dan bersyukur atas berbagai limpahan nikmat yang Alloh  curahkan kepada kita.

Hanya kepada Alloh -lah memohon taufik agar dimudahkan untuk melaksana-kan semua perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.  Hanya berharap kepada-Nyalah agar setiap amal sholih yang kita lakukan diterima di sisi-Nya karena tiada sekutu bagi-Nya, dan kepunyaan-Nya-lah segala apa yang ada di bumi dan dilangit.

Segala puji bagi Alloh , sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad , keluarga, dan para sahabatnya.

Sumber:

Diambil dari Buletin As-Silmi Bogor

Artikel:

www.inilahfikih.com

banyak sedekah dibulan ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konfirmasi Via Whatsapp

Pertanyaan terkait Donasi, Silahkan gunakan chat Whatsapp ini..!

Team Support

Info & Konfirmasi

Online

Info & KonfirmasiJangan sungkan untuk bertanya.

Assalamu'alaikum, ada yang bisa saya bantu? 00.00