Pelaksanaan Shalat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Qurban

Bogor, 10 Dzulhijjah 1440 Hijriyah yang bertepatan dengan 11 Agustus 2019 di pagi yang cerah itu gema Takbir berkumandang di setiap penjuru negeri pertiwi, termasuk di pedesaan ini, Cimanglid Tamansari sebagai kantor pusat Yayasan Islam al-Huda ini.

Alhamdulillah, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Yayasan Islam al-Huda dengan izin Alloh ta’ala berkesempatan menyelenggarakan pelaksanaan Sholat Idul Adha dan sekaligus pemotongan hewan Qurban.
Pada tahun ini, juga seperti pada tahun sebelumnya, Sholat Idul Adha masih di selenggarakan di lapangan kantor Yayasan Islam al-Huda.

Pelaksanaan shalat nya sendiri diimami oleh al-Ustadz Abdurrahim Lili, Lc. Sementara, Ustadz Fatih selaku Khatib menyampaikan khutbah bertemakan Hikmah Kisah Perjalanan Hidup Nabi Ibrahim dengan penuh semangat, hingga terasa sekali suasana sholat id yang penuh takbir dan tahlil memuji keagungan Nya. Allohu Akbar.

Usai acara pelaksanaan shalat Idul Adha, panitia qurban yang sudah terbentuk semenjak 2 bulan sebelum pelaksanaan idul adha ini pun bersegera menuju lokasi pemotongan hewan qurban. Lokasinya, tidak jauh dari Yayasan Islam al-Huda.

Ust. Sapriyatna yang ditunjuk sebagai ketua panitia pemotongan hewan qurban tahun ini memberikan laporan, bahwa Yayasan Islam al-Huda menerima 360 lebih kambing, dan 8 ekor sapi qurban. Dimana 100 ekor kambing didistribusikan ke pesantren-pesantren binaan Yayasan Islam al-Huda. Sementara sisanya, disembelih di lokasi Yayasan untuk dibagikan pada masyarakat sekitar dan karyawan al-Huda.

Dalam melaksanakan pemotongan hewan qurban ini, tampak panitia cukup berpengalaman dan profesional. Dimana kepanitian dibagi dalam 3 tim. Penyembelihan, pengulitan, pencacahan dan pengepakan.

Dengan tenaga profesional ini, 160 kambing dan 8 ekor sapi dapat disembelih dan didistribusikan tepat waktu. Sebelum asar tiba, daging kurban sudah terdistribusikan untuk masyarakat sekitar. Sementara untuk karyawan, dibagikan selepas shalat Asar. Total 1496 paket daging kambing dan 1252 paket daging sapi terdistribusikan.

Walau masih belum mengcover keseluruhan masyarakat sekitar, namun pembagian hewan qurban dari Yayasan Islam al-Huda ini sangat dirasakan manfaatnya. Bahkan ada beberapa penerima daging qurban yang amat bersyukur karena berkesempatan merasakan daging yang mereka tidak mendapatkannya kecuali di hari Idul Adha. Masyaalloh.

Semoga Alloh ta’ala memberikan balasan serta pahala yang melimpah kepada para pengqurban, dan semoga di tahun yang akan datang, Alloh ta’ala memberikan kita kesempatan untuk menjalankan hari raya dan berqurban dengan yang lebih baik dan lebih bermanfaat untuk ummat.