Diantara Sedekah Terbaik

Menjadi yang terbaik dalam hal beribadah kepada Allah adalah tuntutan kita sebagai seorang muslim, meningkatkan derajat taqwa ketitik tertinggi adalah cita-cita kita yang hakiki, maka dari itu dalam setiap amalan yang akan kita lakukan, senantiasa kita cari amalan-amalan terbaik untuk dilakukan, begitupun dengan sedekah, kita tidak mau sedekah yang biasa-biasa. kita mau sedekah kita menjadi sedekah yang terbaik, agar mampu meraih ganjaran yang terbaik pula.

Lalu bagaimanakah kriteria sedekah yang terbaik itu? Apakah sedekah yang terbaik itu adalah sedekah dengan harta yang banyak? Atau dengan keihlsan tertinggi? Atau adakah hal lainnya? Mari kita telisik sedikit demi sedikit.

Sedekah apakah yang terbaik dilakukan?

Saudaraku, sesungguhnya kesungguhan kita dalam mencari kebaikan yang terbaik dengan konsisten hanya mengharap kepada Allah termasuk kedalam sedekah. Secara mutlak penulis sendiri belum menemukan dalil yang jelas terkait sedekah apakah yang paling baik, diantara yang baik. Karena itu penulis memandang beberapa sedekah terbaik dari berbagai sisi.

Sedekah terbaik dilihat dari cara pemberiannya

Bersedekah dengan cara sembunyi-sembunyi. Sedekah dengan cara sembunyi-sembunyi merupakan cara sedekah terbaik, karena lebih terhindar dari sifat riya dan takabur. Allah subahnahu wata’ala berfirman :

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Baqarah : 271)

Rosulullahpun pernah bersbda :

Dari tujuh golongan yang mendapatkan naungan dari Allah di hari kiamat adalah, “Seorang lelaki bersedekah, dia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diberikan tangan kanannya” (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun, jika dalam keadaan tersebut lebih maslahat menunjukan sedekah daripada menyembunyikannya, seperti mengajarkan kepada anak atau hal lainnya, maka itu tentunya lebih baik.

Sedekah terbaik dilihat dari kedekatan penerima dengan pemberinya

Sedekah bantuan pangan mutiara surga

Sedekah kepada kerabat merupakan sedekah yang Allah perintahkan untuk didahulukan daripada sedekah kepada orang lain. Allah subhanahu wata’ala berfirman :

“…..kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya,…..” (QS. Al Baqarah : 177)

Jika kita telaah lebih telilita ternyata perintah Allah ini sangat nyata manfaat nya, coba kita lihat penjelsan dari Nabi kita terkait ayat ini.

Rosulullah bersabda :

“Sedekah kepada orang miskin (bukan kerabat) adalaha sedekah (Hanya bernilai sedekah saja), Sedangkan sedekah kepada kerabat bernilai dua, yaitu (pahala) sedekah, dan (pahala) jalinan silaturahim”. (HR. Tirmidzi)

Terlebih jika kerabat tersebut menyimpan kebencian kepada kita, Rosulullah pernah bersabda :

“Sebaik baik sedekah ialah sedekah kepada kerabat yang menyimpan permusuhan” (HR. Thabrani)

  • Sedekah terbaik dilihat dari waktunya
  • Sedekah disaat kedaan lapang

Abu hurairah r.a pernah bertanya kepada Rosulullah “Wahai Rasulullah, sedekah yang mana yang lebih besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Engkau bersedekah pada saat kamu masih sehat disertai pelit (sulit mengeluarkan harta), saat kamu takut menjadi fakir, dan saat kamu berangan-angan menjadi kaya. Dan janganlah engkau menunda-nunda sedekah itu hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu baru berkata, “Untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian, dan harta itu sudah menjadi hak si fulan.” (Muttafaqun ‘alaih)

  • Sedekah dibulan ramadhan

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawanan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melebihi angin yang berhembus,” (HR. Bukhari, no.6).

  • Terbaik dari sisi kelangsungan pahala yang akan mengalir

Jika dilihat dari sisi ini maka WAKAF adalah jenis sedekah yang terbaik, karena pahalanya yang akan terus mengalir meskipun kita telah meninggal, Rosulullah bersabda:

Rosulullah bersabda : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

  • Sedekah terbaik dilihat dari kondisi penerima

Sedekah kepada orang yang sedang dalam keadaan sempit, atau paceklik adalah sedekah yang sangat baik, bahkan orang yang melakukan hal seperti ini termasuk seorang yang memiliki keislaman yang baik, Rosulullah perna ditanya :

“Islam apakah yang baik?” beliau menjawab, “kamu memberi makan dan memberi salam kepada orang yang kamu kenal dan orang yang tidak kamu kenal”. (Mutafaqun Alaih)

Dalam surat al insan Allah menceritakan orang-orang muslim yang mendapatakan kenikamatan surge, diantaranya adalah orang-orang yang memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin. Allah berfirman :

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan,.”(QS. Al-Insan : 8)

  • Terbaik jika dilihat dari keadaan orang yang bersedekah.

Sedekah yang dilakukan oleh seseorang yang benar- benar mempunyai motiv untuk sangat mencintai hartanya, misalanya seorang yang berjuang sangat keras untuk meraih harta tersebut sedangkan ia sendiri kekurangan.

Rosulllah pernah ditanya “Rosulullah sedekah apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Sedekah dari usaha keras orang yang memiliki sedikit harta”. Diriwayatkan oleh Hakim. (Sahih at-Targhib wa at-Tarhib 2 no.882)

6 kriteria diatas adalah, kriteria yang penulis ketahui selama ini, ‘ala kulli hal semoga dengan artikel ini semoga kita termotivasi untuk melakukan sedekah terbaik setiap hari. Aamiin

Penulis : Redaksi Bersedekahtahfidz.com